Konsultasi Cinta: Mengatasi Trauma Terhadap Pria yang Pernah Selingkuh

Konsultasi Cinta dengan seseorang yang berinisial smile

Tanya:

ka’ saya seorang cewek. saya lagi ada masalah… dalam beberapa bulann kedepan saya akan menikah… tapi kemaren saya marahan dengan pasangan. alasannya karna saya melihat satus mantan pacar calon suami saya d FB. tanpa tau ap yg sebenarnya saya langsung bertanya pada pasangan saya, apakah dia msh sering sms’n dgn mantan’y itu? atw sudah pernah bertemu? atau apa dia menyesal meninggalkan mantannya itu?? lalu pasangan saya bertanya, apa maksudnya bertanya seperti itu… karna saya belum memberitahukan alasannya. bsok harinya saya menelfon dan menjelaskan lalu pasangan saya marah dan merasa tidak dipercayai.
sebenarnya dulu dia pernah selingkuh dengan seseorang sewaktu kami masih pacaran, orangnya adalah teman wanitanya yang menulis status d FB. sebenarnya saya bukan tidak percaya dengan calon suami saya, tapi entah kenapa, setiap hal yang berhubungan denagn wanita itu membuat saya jadi ragu pada pasangan saya. saya takut kejadian dulu terulang lagi… saya seperti trauma pada kejadian itu, dan takut kehilangan pasangan saya… sekarang pasangan saya sedang marah. apa yang harus saya lakukan agar dia tidak marah lagi??? lalu bagaimana cara menghilangkan trauma dalam pikiran saya tentang penghianatan yang pernah terjadi dulu.terima kasih ata s jawabannya nanti

Jawab:

Untuk hal seperti ini, saya akan memulainya dengan sebuah pertanyaan.

  • Apakah Anda sudah yakin bahwa calon suami Anda TIDAK akan selingkuh ketika sudah menikah nanti?
  • Saat ini Anda mempercayai dia ataukah tidak?

Saya berharap, pertanyaan seperti itu bisa dijawab dengan jujur, toh calon suami kamu juga gak bakal tahu. Dengan kejujuran kamu, maka saya dapat memberikan saran yang baik nantinya. Untuk itu, jawablah dulu pertanyaan tersebut sesuai apa kata hati yang kamu rasakan saat ini.

Tanya:

* saya yakin dia tidak akan selingkuh lagi kalau sudah menikah. dia benar2 mencintai saya saat ini. dan saya benar2 yakin akan hal itu.
* saya benar2 mempercayainya, saya tidak punya keraguan padanya.
hanya saja saya tidak tau mengapa kalau berhubungan dengan wanita itu (P) saya selalu begitu… seakan2 teringat akan kejadian dlu. kami sudah pacaran hmpr 4thn. dan waktu pasangan saya selingkuh dengan “P” dy memberitahu saya, tp krn “P” ada d bandung dan kami di sumatera maka saya masih bertahan saat itu. mereka jadian karna pasangan saya yang menyukainya.saya merasa karna dahulu saat mereka jadian 2thn yang lalu, pasangan sya yang menginginkannya maka’y saya menjadi takut.
apakah saya trauma akan kejadian itu??? saya benar2 yakin dan percaya akan pasangan saya. tapi mengapa kalau sesutau yang berhubungan dengan “P” membuat saya seperti mencurigainya atau tidak percaya padanya? sekarang dy masih marah pada saya.karna dy dr dulu sudah jujur mengatakan pada saya, bahwa dia tdk ada perasaan apa2 lagi dengan mantannya itu. bahkan dy bersumpah sampai mati tidak akan pernah meninggalkan saya. jujur dia orang yang sulit mengakui kalau dia benar2 mencintai seseorang… tp sekarang saya tau benar perasaannya pada saya… benar2 tulus mencintai saya. sekarang saya harus bagaimana agar dia tidak marah lagi dan memaafkan saya?? ini adalah pertengkaran kesekian kalinya karna wanita itu “P”. mungkin kali ini membuat calon suami saya benar2 marah karna merasa saya tidak jg mempercayainya dan selalu mencurigainya. tapi saya mempercayainya. sulit bagi saya menjelaskannya.saya percaya tapi kalau melihat hal2 yang berhubungan dengan wanita itu saya menjadi aneh. semua pertengkaran itu selalu bermula dari kesalahpahaman dan kecurigaan saya yang tidak menentu. sekarang saya dan calon suami saya berjauhan, saya di lampung dan calon suami di bdg. saya sudah mencoba menelfon tp dya tdk menjawab telfon saya, sms pun tidak d bls. mohon bantuannya… terimakasih.

Jawab:

Setelah membaca tulisan kamu, saya jadi yakin bahwa cowo yang kamu cintai akan berusaha menjaga perasaannya untukmu. Jika saya seolah-olah adalah pasangan kamu yang tulus mencintai kamu, maka setelah membaca ini saya pasti akan berusaha menjaga diri. Saya tak peduli akan siapapun, yang saya pedulikan hanya perasaanmu. Akan saya jauhi wanita itu, hanya untukmu.

Calon Anda beruntung telah memiliki dan mendapatkan wanita seperti Anda.

Katakan hal yang sama seperti yang kamu katakan diatas kepada calon suami kamu. Ini adalah tulisan yang tulus yang dibuat seorang wanita untuk calon suaminya :D

Jika memang Anda sulit mengungkapkan hal seperti ini kepadanya. Tunjukkan saja tulisan ini. Dan katakanlah bahwa, “Kamu melakukan hal seperti ini bukan karena kamu tidak percaya. Tapi justru karena kamu mencintai dirinya”. Saya sebagai pembaca saja tahu kenapa kamu berbuat demikian, dan calon suami kamu pastinya akan memahami lebih dari apa yang saya tahu.

Pernikahan bukanlah sesuatu yang mudah, tapi dengan KETERBUKAAN maka perjalanan kalian pasti akan menjadi “Indah“.

Tanya:

tapi saya tidak tau bagaimana harus mengatakan hal itu. sampai hari ini sms saya tidak d bls, telfon dari saya pun tidak d angkat… bagaiman saya akan menyampaikannya. saya benar2 bingung… dia benar2 marah… dia berpikiran kalau saya tidak mempercayainya… ini adalah pertengkaran kesekian kalinya karna wanita itu. saya harus bagaimana??? jika anda berada di posisi calon suami saya sekarang apa yang akan ada perbuat?? jujur saya bingung… bagaimana membuat dia tidak marah lagi dan mengerti akan posisi saya. maukah anda membantu saya?

Jawab:

Pria terkadang memiliki sisi keras kepala dan saya akui saya juga seperti itu. Artinya, disaat pria sedang dalam keadaan marah, pasti pria akan menyendiri dalam “GOA”nya (istilah). SMS yang kamu kirimkan akan tetap dia baca, namun dia juga akan selalu diam seperti itu. Kirimkan saja SMS yang dirasa perlu dan tanyakan tentang hal ini.. “apakah masih ingin melanjutkan hubungan?”. Setelah itu diamlah dan beri dia waktu untuk berpikir.

Pria biasanya cepat dalam mengambil keputusan dan dia akan segera memberitahukan jawabannya kepadamu. Namun tetaplah ikhlas dengan keputusan dia.

Saran saya, jangan jadikan dirimu yang membutuhkannya, tapi kalian berdua itu saling membutuhkan. Nah, itulah yang dinamakan CINTA. Tetaplah juga positif think, insyaAllah semua akan berjalan baik-baik saja..

Indahnya Cinta:

Sepertinya saya tidak perlu menanyakan hal itu padanya, karana saya tau apa yang ada di hati dan pikirannya. Hanya saja terkadang saya tidak bisa menjelaskannya. Saya benar2 berterimakasih atas jawaban yang telah diberikan kepada saya. Sampai hari ini saya selalu berusaha untuk positif thinking… Alhmdllh, td mlm dia telah membalas sms saya. Ya, wlwpun saya membalasnya agak telat beberapa jam karna handphone saya memang sengaja saya matikan. Terkadang tidak enak rasa’y kalau kita mengirim sms, tetapi tidak di bls. Karna merasa tersiksa akan hal itu, maka saya memutuskan untuk me non-aktifkan handphone. hehehe ^_^ sekali lagi terimakash. Saya minta doa’y agar pernikahan saya berjalan dengan baik dan selalu dalam lindungan Allah SWT. amin… Setelah berumah tangga, saya akan berusaha untuk lebih terbuka kepada suami saya tentang perasaan yang saya rasakan. Saya tau kami saling membutuhkan satu sama lainnya. Bukan hanya saya yang membutuhkannya, tetapi dia juga membutuhkan saya. Ya, karna kami saling mencintai. Terimkasih Ka’ Azzam.

Komentar saya:

Alhamdulillah, saya doakan semoga engkau selalu dirahmati kebaikan dan ketulusan dalam pernikahan.

Sebenarnya tidak lama lagi saya juga akan melangsungkan pernikahan, sama seperti Anda  :D

Tanggapan smile:

Amin… Wah, senangnya mendengar kabar bahagia dari ka’ azzam. Selamat ya. Kapan resepsinya? ^_^. Nanti saya pasti kabari ka’ azzam kapan saya akan melangsungkan pernikahan. Kalau tanggal’y sudah pasti, soal’y belum dapat tanggal yang pas. hehehe…

Jawab saya:

Kami belum menentukan hari baiknya. Saya selalu berdoa kepada Allah semoga di bulan Mei ini dilangsungkannya pernikahan kami, tepat dihari ULTAH calon istri saya :D

Saat hari itu akan tiba, insyaAllah akan saya curahkan kebahagiaan tersebut diblog ini, so.. blog inilah yang nantinya akan mengungkapkan semua :D

Oke, saya tunggu juga hari jadi pernikahan kamu yak.. :D

Respon smile:

Amin… Mudah2n terwujud. ^_^

Aduh ternyata istrinya lahir bulan mei ya? Waktu saya dan pasangan saya berencana akan menikah, kami juga berharap pernikahan kami akan berlangsung di bulan mei, karna kami sama2 lahir di bulan mei… Tapi semua saya serahkan pada Allah… Ya, walaupun keinginan untuk menikah di bulan mei itu sangat besar namun semua saya pasrah kan saja pada Allah. Karna ada kemungkinan rencana itu akan diundur pada bulan juni. Yang penting saya sudah berusaha dan berdoa agar semua terwujud.

Sukses ya, di tunggu kabar pernikahannya… ^_^

Respon saya:

Belum bisa berkomentar apapun, lagi bahagia membayangkan istri tercinta :D

Buat pengunjung yang memiliki problem cinta dan kepengen konsultasi seperti sahabat smile, diharapkan untuk mengirimkan komentar di salah satu tulisan saya di blog ini. InsyaAllah jika saya mampu menjawab problem Anda, akan saya jawab di kolom dimana Anda menuliskan komentar tersebut.

Catatan : saya tidak menerima konsultasi melalui Hp, Facebook maupun Yahoo Messeger.

~ oleh azzaam pada 15 April 2010.

15 Tanggapan to “Konsultasi Cinta: Mengatasi Trauma Terhadap Pria yang Pernah Selingkuh”

  1. * saya yakin dia tidak akan selingkuh lagi kalau sudah menikah. dia benar2 mencintai saya saat ini. dan saya benar2 yakin akan hal itu.
    * saya benar2 mempercayainya, saya tidak punya keraguan padanya.
    hanya saja saya tidak tau mengapa kalau berhubungan dengan wanita itu (P) saya selalu begitu… seakan2 teringat akan kejadian dlu. kami sudah pacaran hmpr 4thn. dan waktu pasangan saya selingkuh dengan “P” dy memberitahu saya, tp krn “P” ada d bandung dan kami di sumatera maka saya masih bertahan saat itu. mereka jadian karna pasangan saya yang menyukainya.saya merasa karna dahulu saat mereka jadian 2thn yang lalu, pasangan sya yang menginginkannya maka’y saya menjadi takut.
    apakah saya trauma akan kejadian itu??? saya benar2 yakin dan percaya akan pasangan saya. tapi mengapa kalau sesutau yang berhubungan dengan “P” membuat saya seperti mencurigainya atau tidak percaya padanya? sekarang dy masih marah pada saya.karna dy dr dulu sudah jujur mengatakan pada saya, bahwa dia tdk ada perasaan apa2 lagi dengan mantannya itu. bahkan dy bersumpah sampai mati tidak akan pernah meninggalkan saya. jujur dia orang yang sulit mengakui kalau dia benar2 mencintai seseorang… tp sekarang saya tau benar perasaannya pada saya… benar2 tulus mencintai saya. sekarang saya harus bagaimana agar dia tidak marah lagi dan memaafkan saya?? ini adalah pertengkaran kesekian kalinya karna wanita itu “P”. mungkin kali ini membuat calon suami saya benar2 marah karna merasa saya tidak jg mempercayainya dan selalu mencurigainya. tapi saya mempercayainya. sulit bagi saya menjelaskannya.saya percaya tapi kalau melihat hal2 yang berhubungan dengan wanita itu saya menjadi aneh. semua pertengkaran itu selalu bermula dari kesalahpahaman dan kecurigaan saya yang tidak menentu. sekarang saya dan calon suami saya berjauhan, saya di lampung dan calon suami di bdg. saya sudah mencoba menelfon tp dya tdk menjawab telfon saya, sms pun tidak d bls. mohon bantuannya… terimakasih.

  2. tapi saya tidak tau bagaimana harus mengatakan hal itu. sampai hari ini sms saya tidak d bls, telfon dari saya pun tidak d angkat… bagaiman saya akan menyampaikannya. saya benar2 bingung… dia benar2 marah… dia berpikiran kalau saya tidak mempercayainya… ini adalah pertengkaran kesekian kalinya karna wanita itu. saya harus bagaimana??? jika anda berada di posisi calon suami saya sekarang apa yang akan ada perbuat?? jujur saya bingung… bagaimana membuat dia tidak marah lagi dan mengerti akan posisi saya. maukah anda membantu saya?

  3. Sepertinya saya tidak perlu menanyakan hal itu padanya, karana saya tau apa yang ada di hati dan pikirannya. Hanya saja terkadang saya tidak bisa menjelaskannya. Saya benar2 berterimakasih atas jawaban yang telah diberikan kepada saya. Sampai hari ini saya selalu berusaha untuk positif thinking… Alhmdllh, td mlm dia telah membalas sms saya. Ya, wlwpun saya membalasnya agak telat beberapa jam karna handphone saya memang sengaja saya matikan. Terkadang tidak enak rasa’y kalau kita mengirim sms, tetapi tidak di bls. Karna merasa tersiksa akan hal itu, maka saya memutuskan untuk me non-aktifkan handphone. hehehe ^_^ sekali lagi terimakash. Saya minta doa’y agar pernikahan saya berjalan dengan baik dan selalu dalam lindungan Allah SWT. amin… Setelah berumah tangga, saya akan berusaha untuk lebih terbuka kepada suami saya tentang perasaan yang saya rasakan. Saya tau kami saling membutuhkan satu sama lainnya. Bukan hanya saya yang membutuhkannya, tetapi dia juga membutuhkan saya. Ya, karna kami saling mencintai. Terimkasih Ka’ Azzam.

    • Alhamdulillah, saya doakan semoga engkau selalu dirahmati kebaikan dan ketulusan dalam pernikahan.
      Sebenarnya tidak lama lagi saya juga akan melangsungkan pernikahan, sama seperti Anda :D

      • Amin… Wah, senangnya mendengar kabar bahagia dari ka’ azzam. Selamat ya. Kapan resepsinya? ^_^. Nanti saya pasti kabari ka’ azzam kapan saya akan melangsungkan pernikahan. Kalau tanggal’y sudah pasti, soal’y belum dapat tanggal yang pas. hehehe…

      • Aminn… Saya jawab kembali komentar ini di artikel diatas :D

      • Amin… Mudah2n terwujud. ^_^

        Aduh ternyata istrinya lahir bulan mei ya? Waktu saya dan pasangan saya berencana akan menikah, kami juga berharap pernikahan kami akan berlangsung di bulan mei, karna kami sama2 lahir di bulan mei… Tapi semua saya serahkan pada Allah… Ya, walaupun keinginan untuk menikah di bulan mei itu sangat besar namun semua saya pasrah kan saja pada Allah. Karna ada kemungkinan rencana itu akan diundur pada bulan juni. Yang penting saya sudah berusaha dan berdoa agar semua terwujud.

        Sukses ya, di tunggu kabar pernikahannya… ^_^

      • Subhanallah ternyata bulan Mei juga :D

  4. kak q mw nx ne
    q bingung pasngan q skrtng
    sprt x dy brubah ma q n mnghindar dr q tp q g tw pexebab dy
    pa mumngkin q px slah ma dy
    q sms dy tp g prnh di bls q jd tmbh bingung ma dy kak
    pa yang hrs q lakukan dengan smua ini

  5. ka’azzam..aku mo share nih…
    aku udah hampair 3thn pacaran, dan selama itu aku selalu baik2 saja dengan pacarku,dia sangat lembut,penurut,sabar,dan peduli sama aku,…
    sifatnya yg paling menonjol terhadapku adalah sikap cemburu dan posesifnya yang berlebihan selama hampir 3thn ini…apali\agi hal2 yang menyangkut tentang masa laluku tidak pernah dia kompromi.. dia melarang aku berhubungan dengan mantan2 pacarku, cowok2 yang ada kemungkinan suka sama aku dan teman2 dari mantanku..aku dilarang keras berteman dan bergaul dengan mereka…
    dulu aku mengira cowokku berbuat seperti itu karena kesalahanku yang masih berkomunikasi dengan mantanku meski hanya sebatas teman dan tidak lebih…
    selama ini aku berusaha menerima sikap2nya,aku berusaha memahami dan legowo karena aku berfikir kalau dia sangat mencintaiku dan ga mau aku ninggalin dia…
    hampir tiap hari keraguannya muncul terhadapku, dia sering bertanya apakah aku punya fb lain,atau ni.hp lain dibelakang dia..tapi aku selalu sabar dengan pertanyaan2 itu dan meyakinkannya…

    Sampai akhirnya sebulan yang lalu saya tau akan kenyataan tentang dirinya…
    ternyata sudah 1thn lebih pacar saya mempunyai fb lain di belakang saja, dia ada affair degan mantan pacarnya dulu yang berstatus janda beranak 1. pacar saya mengaku kalo mereka hanya bercanda dan iseng di fb tersebut, menurut pengakuan pacar saya mereka hanya berkomunikasi lewat fb karena tempat tinggal pacar dan mantanyya itu agak jauh..sampai saat ini pacar sayapun tidak mengaku kalo mereka selingkuh dan selalu meyakinkan saya kalo mereka hanya bercanda, tapi jelas sekali di fb mereka pacara saya memanggil mantannya dengan panggilan sayang dan mantannya juga bersikap manja dan genit sehingga membuat saya sangat marah dan jijik…
    fb pacar saya telusuri dan memang hanya bebrapa bulan mereka exis dala fb tersebut dan 7/8bulan terakhir pacar saya mulai dekat dengan mantan pacarnya yang satu lagi, dia seorang wanita yang sudah bersuami dan memiliki 1 anak. seperti sebelumnya pacar saya memanggil mantannya dengan panggilan sayang dan mereka sangat exis dalam setiap status masing2, pacar saya juga ketahuan memiliki no.lain yang pernah dipakai untuk menghubungi mantannya tersebut…

    saya merasa begitu terhianati, saya tidak pernah melarang dia berteman dengan siapapun termasuk mantan2 pacarnya terdahulu…
    sayapun berusaha berteman dengan mantan pacarnya untuk menjalin silaturahmi,tp saya tidak menyangka bahwa mantannyapun juga ikut membohongi saya.. apakah saya harus percaya bahwa pacar saya dan mantan2nya tidak ada hubungan yang lebih????meskipun pacar saya sudah bersumpah demi Allah dan demi keluarganya, sampai2 dia bersumpah mati kalo dia tidak pernah bertemu atau berselingkuh dengan mantan2nya ataupun wanita lain…dia mengaku mereka hanya bercanda,tapi pakah aku harus percaya????
    dia dan manntanya mempunyai hobby yang sama yaitu pecinta alam, sehingga mereka mempunyai komunitas yang sama, meskipun mantannya ini juga bertempat tinggal jauh to mereka dan teman2 mereka dulu exise di fb pacar saya,padahal selama ini pacar saya mengaku tidak pernah komunikasi lg dengan tmn2nya dulu..
    saya merasa terhina,malu dan minder s\dengan kelakuan pacar saya,saya kecewa dengan pacar saya dan mantannya,juga temannya yang sengaja menutupi kebohongan pacar saya dan mantannya…
    waktu saya tanyakan kepada mantan pacar saya dia tidak mengaku dengan alasan kalo dia tidak mungkin selingkuh karena dia sudah bersuami dan mempunyai anak, tapi apakah saya harus percaya meskipun saya tau pacar saya memanggil wanita itu dengan panggilan sayang????dan suami mantannya itu tidak memiliki fb sehingga saya yakin bahwa suaminya tidak tau apa yang istrinya lakukan dibelakang dia dengan pacar saya…

    saya terlampau sakit dan hampir tidak kuat menerima kebejatan pacar saya yang selalu saya yakini kesetiannya, ternyata di munafik… dia berkhianat, bertemu/tidak dengan wanita2 itu tetap saja membuat saya sakit dan merasa dibohongi.. dan kemunafikannya itu yang tidak termaafka…

    apa yang ahrus saya lakukan…???????

    sudah 1bln sejak kejadian itu, sahabat saya selalu memberi masukan bahwa apa yg dilakukan pacar saya adalah satu kehilafan dan saya berusaha menerima dan memafkan pacar saya dan menjalani hub kami kembali…
    tapi saya masih terlalu sakit, sehinnga sampai saat ini saya masih ters menghakimi dia dengan kata2 pedas saya dan dengan sengaja menyakitinya…
    apa yang harus saya lakukan???thanks

  6. ass. aku mau nanya mba begini aku sedang menjalani sebuah proses perceraian dan 1 bulan lagi proses ini akan selesai,terus aku bertemu dengan temen kecilku dan keadaan dia sedang trauma oleh cinta.karena mantannya itu telah mengkhianati dirinya selama 10 th. dan mereka pun sudah putus pada saat ini. jujur saya memiliki rasa terhadapnya.karena dia perhatian sekali sama saya. tetapi setiap saya bilang main dong ke bdg tapi dia ga mau karena dia memiliki kenangan yang pahit disini dengan mantan pcarnya dahulu. aku mau nanya mba bagaimana cara aku untuk perlahan bisa menyembuhkan traumanya itu dan mungkin dia bisa membuka hatinya untukku.perhatian apa atau bagaimana cara pendekatan yang baik terhadap dirinya supaya dia bisa sembuh dari traumanya.? terima kasih ya di tunggu jawabannya….

  7. saya mau tanya,saya punya pacar dy trouma ama masa lalu nya dlm percintaan,dy pernah menjalin hubungan jarak jauh n dy percaya ama pcar nya yg dulu sampai dy tau klo dy di khianati..sampai sekarang dy takut untuk percaya ama pasangan nya,saya berusaha berbagai macam cara untuk meyakin kan nya klo saya serius n tulus sayang sama dy,,tp dy tetap angkuh dengan rasa takut nya itu,sampai dy selalu bilang dy tetap seprti ini sampai kapan pun,saya ingin dy bahagia dlm hidup nya,,,tolong bantu saya bagaimana cara nya menimbul kan rasa percaya dy lagi and ngebuang rasa takut dy itu??

Tinggalkan Balasan

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 178 pengikut lainnya.

