Tipe Cowo Melankolis

Tulisan ini adalah lanjutan dari tulisan saya sebelumnya seputar tentang Bikin Surat Cinta Buat Cowo, jika ada yang sama sekali belum membaca tulisan tersebut silahkan baca disini.

Ada yang pernah mendengar tentang sifat melankolis? Plagmatis? Koleris dan Sanguis?

Kalau Melankolis, saya percaya pasti banyak yang pernah mendengarnya, tapi kalau Plagmatis bagaimana? Sanguis dan Koleris? Saya yakin banyak diantara anda yang belum mengenalnya kecuali anak Psikologi, mungkin.

Melankolis, plagmatis, sanguis dan koleris merupakan sebuah satu kesatuan dasar sifat manusia yang biasa dikenal dengan Personality Plus. Ada kalanya manusia itu memiliki sifat melankolis, kemudian juga koleris, sanguis ataupun plagmatis, namun sifat yang menonjol diantara keempat sifat itulah yang biasanya menjadi acuan dijadikannya dasar kepribadian dari seseorang tersebut. Semisal anda cenderung menonjol pada sifat melankolis, maka Anda termasuk tipe MELANKOLIS.

Lalu, apa sebenarnya arti dari ke empat sifat tersebut?

Yang pertama, adalah golongan Sanguinis, “Yang Populer”. Mereka ini cenderung ingin populer, ingin disenangi oleh orang lain. Hidupnya penuh dengan bunga warna-warni. Mereka senang sekali bicara tanpa bisa dihentikan. Gejolak emosinya bergelombang dan transparan. Pada suatu saat ia berteriak kegirangan, dan beberapa saat kemudian ia tiba-tiba menangis tersedu-sedu.

Namun orang-orang sanguinis ini sedikit agak pelupa, sulit berkonsentrasi, cenderung berpikir “pendek” dan hidupnya serba tak beratur. Jika suatu kali anda lihat meja kerja pegawai anda cenderung berantakan, agaknya bisa jadi ia sanguinis. Kemungkinan besar ia pun kurang mampu berdisiplin dengan waktu, sering lupa pada janji, apalagi bikin planning dan rencana. Namun kalau disuruh melakukan sesuatu, ia akan dengan cepat mengiyakannya dan terlihat sepertinya hal itu akan ia lakukan. Tapi percayalah, beberapa hari kemudian ia pasti tak melakukan apapun juga, lupa.

Lain lagi dengan tipe kedua, golongan melankolis, “Yang Sempurna”. Agak berseberangan dengan sang sanguinis. Cenderung serba teratur, rapi, terjadwal, tersusun sesuai pola. Umumnya mereka ini suka dengan fakta-fakta, data-data, angka-angka dan sering sekali memikirkan segalanya secara mendalam (lebih banyak diam). Dalam sebuah pertemuan, orang sanguinis selalu saja mendominasi pembicaraan, namun orang melankolis cenderung menganalisa, memikirkan, mempertimbangkan, lalu kalau bicara pastilah apa yang ia katakan betul-betul hasil yang telah ia pikirkan secara mendalam.

Orang melankolis selalu ingin serba sempurna. Segala sesuatu ingin teratur. Karena itu jangan heran jika balita anda yang melankolis tak akan bisa tidur hanya gara-gara selimut yang membentangi tubuhnya belum tertata rapi. Dan jangan pula coba-coba mengubah isi lemari yang telah disusun istri melankolis anda, sebab betul-betul ia tata dengan rapi sekali, sehingga warnanya, jenisnya, klasifikasi pemakaiannya sudah ia perhitungkan dengan rapi. Ia akan dongkol sekali kalau susunan itu tiba-tiba berubah.

Ketiga, manusia Koleris, “Yang Kuat”. Mereka ini suka sekali mengatur orang, suka tunjuk-tunjuk dan perintah-perintah orang. Ia tak ingin ada penonton dalam aktivitasnya. Bahkan tamu pun bisa saja ia perintah melakukan sesuatu hal untuknya. Akibat sifatnya yang bossy seperti itu, membuat koleris tak punya banyak teman. Orang-orang berusaha menghindar, menjauh agar tak jadi “korban” karakternya yang suka “ngatur” dan tak mau kalah.

Orang koleris senang dengan tantangan, suka petualangan. Mereka punya kepribadian yang agak sombong dan merasa, “hanya sayalah yang bisa menyelesaikan segalanya”. Karena itu mereka memiliki “goal oriented”, sangat tegas, kuat, cepat dan tangkas dalam mengerjakan sesuatu.

Baginya tak ada istilah tidak mungkin. Seorang wanita koleris sangat mau dan berani menaiki tebing, memanjat pohon, bertarung ataupun memimpin peperangan. Kalau ia sudah kobarkan semangat “pastilah dilakukannya” maka hampir dapat dipastikan apa yang akan ia lakukan akan tercapai seperti yang ia katakan. Sebab ia tak mudah menyerah, tak mudah pula mengalah.

Hal ini berbeda sekali dengan jenis keempat, sang Plagmatis seseorang yang memiliki sifat “Cinta Damai. Kelompok ini tak suka terjadi konflik, karena itu disuruh apa saja ia mau lakukan, sekalipun ia sendiri tidak menyukai. Baginya kedamaian adalah segala-galanya. Jika timbul masalah atau pertengkaran, ia akan berusaha mencari solusi yang damai tanpa timbul pertengkaran. Ia rela sakit, asalkan masalahnya cepat selesai.

Kaum plagmatis kurang bersemangat, kurang teratur dan serba dingin. Cenderung diam, kalem, kalau memecahkan masalah umumnya sangat menyenangkan. Dengan sabar ia mau jadi pendengar yang baik, tapi kalau disuruh untuk mengambil keputusan ia akan terus menunda-nunda. Kalau anda melihat ada sekelompok orang berkerumun mengelilingi satu orang yang asyik bicara terus-menerus, bisa jadi para pendengar yang berkerumun itu orang-orang plagmatis. Sedang yang bicara tentu saja sang Sanguinis.

Kadang sedikit serba salah berurusan dengan para plagmatis ini. Ibarat seperti keledai, “kalau didorong malah ngambek, tapi kalau dibiarin nggak jalan”. Jadi jika anda punya staf atau pegawai plagmatis, anda harus rajin memotivasinya sampai ia termotivasi sendiri oleh dirinya.

Oke, cukup sudah bahasannya tentang personality plus, justru yang akan saya prioritaskan saat ini adalah pembahasan tentang Melankolis. Yah, seperti yang dikatakan bahwa melankolis cenderung lebih rapi, pendiam, terjadwal dan lain-lain.

Namun pertanyaannya, apakah sifat dari melankolis cewe dan melankolis cowo serupa? Jawabnya adalah, “tidak”. Sifatnya sungguh jauh berbeda. Disini saya cukup menjelaskan panduan sifat melankolis cowo saja, sedang untuk melankolis cewe mungkin akan saya bahas nanti. Terlalu panjang jika harus saya jelaskan semuanya disini.

Awal mengapa saya perlu membahas melankolis cowo adalah karena wanita kebanyakan cenderung men”judge” seorang melankolis sebagai pria yang membosankan, tidak menarik, kaku, males bergaul dan sebagainya. Namun sadarkah Anda bahwa sifat seseorang yang paling romantis didunia ini justru dimiliki oleh sang melankolis? (untuk melankolis Anda patut berbangga dengan kenyataan ini).

Sebabnya mengapa? Karena melankolis mampu memahami apa yang dialami cewe, melankolis mampu mengerti keinginan seorang cewe, mampu membuat senang hati cewe, mampu jadi cowo yang setia dan lain-lain.

Saangat buaanyak sekali kebaikan dari sifat melankolis yang ternyata hampir 50% berhubungan dengan emosi. Bahkan melankolis mudah tersinggung dengan kata-kata dan cenderung peka terhadap situasi. Jika saja anda melihat melankolis itu cuek, justru sikap itu hanyalah tonjolan dari sifat PEMALUNYA, namun dibalik itu sebenarnya ia sudah lebih dulu “memahami siapa diri Anda“, cuma cenderung menutup-nutupi hal itu karena rasa malu tersebut.

Maka dari itu, jika anda ingin menulis surat kepada sang cowo idaman hati yang memiliki sifat melankolis, tuliskanlah surat yang baik, memuji dan romatis, karena melankolis peka akan hal itu. Sedangkan koleris, plagmatis dan sanguis, sebaliknya. Dan Anda pasti akan terkejut setelah tahu bagaimana sifat melankolis yang sebenarnya setelah ia memberanikan membuka dirinya untuk Anda.

Lantas bagaimana caranya bisa membedakan dengan cepat perilaku dari keempat karakter tersebut? Caranya, baca di halaman Cara Cepat Mengenali Karakter Personality Orang Lain.

About these ads

~ oleh azzaam pada 20 Juli 2009.

50 Tanggapan to “Tipe Cowo Melankolis”

  1. Hai, blogmu keren ne.
    =)
    Btw, cara mengetahui bahwa diri kita tu melankolis gmn??

  2. ya tu mank tipe gw bngt melankolis sejati, menyukai hal yang romantis tapi tidak dngn cara harus over tp dngn sikap, tp terkadang melankolis itu bisa sampai terlalu ekstrim untuk memikirkan sesuatu hal…..sters tu bs sngt lama bngt, terlalu dipikirkan panjang dan mendalam….

  3. kok singkat si..?
    kurang ku penjelasan tentang melo…
    alnya aku di bilang melo…

  4. kurang ku penjelasan tentang melo…
    alnya aku di bilang melo…

  5. bagus artikelnya…
    two thumbs up!

  6. melankolis itu gw, gmn caranya agar sifat itu tdk keliatan, bisa ga di rubah

    • jika ingin merubah, bisa saja…
      namun bersyukurlah dengan sifat yang kamu miliki, karena itu adalah sifat terbaik yang cocok buat kamu, hadiah dari sang PENCIPTA…

  7. Artikel nya bgus nih..
    Gw mw nanya..??
    Kya’a gw tipe orang yg melo..
    Tp knpa yah.??
    Kdang gw nyadar ngrasa bnr2 cuek sama orang wlaupun orang yg plng dkt sma gw…
    Gw ini bsa di blng romantis tp cwe gw tipe orang yg cuek..
    Apa bsa brthn lma ia hbungan gw sma dy..

  8. salah satu kelemahan dari cowo melankolis adalah “terlalu mencintai orang yang disukai”, kalaupun anda merasa tidak cocok dan tiba-tiba saja putus, maka…
    janganlah memaksa untuk kembali karena biasanya akan terulang kesalahan yang sama, yang bisa membuat hatimu sakit berkali-kali..
    so… untuk urusan cocok atau tidak, itu relatif dan kamu sendirilah yang lebih tahu…

  9. gw setuju banget tuk g maksa balikan kembali, soalnya gw dah ngrasain itu dan tanpa sadar gw ngelakuin kesalahan yang sama berkali-kali dan hanya membuat gw ama dy semakinn sakit hati. tapi gimana caranya agar gw bisa ngelupain dy? soalny dah sejauh ini gw ingat dy terus walaupun dah puts lama banget.

  10. ….
    ternyata ku seorang Melankolis yang namanya agak aneh -.-

  11. haruskah PD kalau kita ini disebut sebagai manusia melankolis

  12. I’m full melankolis,yuk qt buat komunitas tipe melankolis…
    melankolis is the best,gmn jadinya klo dunia ini tanpa ad org melnkolis???? puisi,pantun,musik,nilai2 seni mngkn g kn ad..
    Tuhn tu pinter,gmn jdinya klo dunia tnpa org2 sanguin,plekmatis,korelis,juga?..bakal ruet lah… Tuhan kasih karakter ke qt indah adanya.

  13. hmm,,blh tny ga..
    aku tuh pny cwo Melakolis..dy syg bngt sma aku..tpi msalahnya qt lum d kasih nerusin hubungan kita sbelum 21 thn..krna hal itu,jdi kita sepakat utk akhrin hub ini.tpi sulit bngt rasanya hdup jau dri dy.ga bs komunikasi lgi stiap saat.tw kn org melan tuh cuek abiz orgnya.tpi aku udh biasa ma tuh,krna aku tau hatinya gmn.cma klo ud bubaran bgni.dy mkin cuek.klo ngobrol gtu.ud ga ad bsa bssi lgi.sllu sngkaat pdat n jlas.tkut aja nnt dy ud pndah ke lain hati..gmn donk..udh terlanjur syg ni ma dy??

    • Bukankah kamu sudah tahu apa jawabannya? Selama dia meyakini bahwa kamu adalah miliknya, dia akan terus menjaga hatinya buat kamu. Percayalah dia :D

  14. bener yah??
    yes…
    yg penting udah lega..
    klo dia akan sperti itu..amin..
    hehehe

  15. boleh tanya ga ?
    1.apa bener klu type cowo melo tuh klu dy punya ce akan setia and pengen slalu ngebahagiain dy
    2.apa bener cowo2 melo akan mudah terharu bila ngelihat film semisal titanic and baca true story gt dan ikut nangis terbawa suasana.itu termasuk co ‘cengeng’ ga sih..
    jujur gw terbawa suasana saat baca artikel lu yang ‘perjalanan cinta yang mengharukan’..
    terlalu berlebihan ga sih itu,jawab ya tqu..
    jujur gw baca artikel lu

  16. mo nanya neh… cewe gw kan sanguinis abis.. n gw plegmatis… kadang bosan juga yah ngaepin mut nya saaanguinis yang sering brubah ubah…. kadang merasa pasrah ajah aq klo sama yang kaya gt tapi jujur sewot juga… heheh.. da masukan ga?

    • Yap, seperti itulah sanguis.. kagak bisa diem, heboh..
      Jika sifat kamu plagmatis, saya rasa akan tenang-tenang saja menghadapi cewe seperti itu :D
      Tanpa dia, hidup bisa jadi hampa, sepi..
      Tidak ada masukkan buat kamu, karena dari yang saya tahu sifat plagmatis sangat mensyukuri apa yang ada pada dirinya..
      Dan sanguis akan berpikir bahwa kamu itu cool, calm and confident…

      • yup… mantap banget, neh malah ada yang heboh lagi ternyata ada cewe satu lagi d blakang gw yang ngebet banget (orangnya melankonis) wah jadi agak bingung… tapi bodo amat lah kan aq sekarang dah punya yang sanguinis… heheheh… da masukan lagi ga…baknya mantap banget soalnya.. kadang2 kepikiran.. heheh…

      • Melankolis?
        Kalau kamu Nekadz pengen coba pacaran sama cewe melankolis, yang ada kamu hanya menurutin nafsu…
        Berhubung kamu pernah ngerasain yang namanya pacaran dengan cewe sanguis, dijamin dah, hidup kamu akan berubah total, menjadi tidak menyenangkan dan seperti ada yang kurang… :D
        Ujung-ujungnya ada perasaan nyesel ninggalis cewe sanguis…
        So… thinking what you get today is the best for you…

      • yup… masuk juga yang kata2 lw… klo gw nekat berarti gw ngedepanin nafsu doang… intinya gw jalanin sama yang sanguinis ja.. hehhehe….
        klo gw selaku plegmatis ktm sama orang plegmatis juga gmn ya jadinya…. heheh….nanya lg.. lg banyakbutuh masukan neh…

      • hmm, agak unik juga..
        plegmatis dengan plegmatis…
        bagaimana jadinya jika terjadi hubungan sesama sifat seperti itu? yang jelas, diantara keduanya tentu akan saling memahami dan mengenal tiap-tiap karakter pasangan…
        Hidup akan menjadi supeeer damai, santai dan apa adanya :D
        Tapi andaikata terjadi seperti itu, maka semuanya akan menjadi serba normal-normal saja…
        Kurang ada greget-gregetannya…
        Seperti perasaan cemburu, rasa kesel, keinginan untuk lebih dicintai dan beragam warna macam-macam emosi lainnya…

  17. G cwok melankolis. Cm bingung aja knp susah bgt bergaul? Klo diajak berteman bs, tp klo ngajak bertmn susah. Except kenalan ma cwek yg menurut g cantik, g brani2 aja. ???
    hahahahaha

  18. bagus tuh artikelnya,…

  19. mantaaaaap

  20. ih sneng bgt dech bisa bac bLog ini,,, Keren…
    pas bgt mantan w jg nak melankolis,,, iya c dya tu romantis abis,, tp gak suka klo udah marah,, tertutup bgt,,,
    bahas Melankolis tentang Cwek’y dunk,,,,

  21. Bro g stuju bgt kl dibikin komunitas utk org2 melankolis
    Pst seru kalo kt buat gathering di pantai
    Berkumpul dgn org2 sekarakter n sharing crita2
    Buat azaam ada fb ga?I love ur blogs
    Org2 melankolis adalah org2 yg bs menikmati keindahan dunia,krn sesungguhnya keindahan tuh bukan dr mata tp dr hati n tentu saja ga ada yg lebih perasa slain org2 melankolis
    Stuju?

    • Yoi, seru banget pastinya ntu :D
      Sory, saat ini saya gak punya FB yang bisa dipublikasikan diblog ini, tapi seandainya kamu pengen buat “komunitas pria tipe melankolis”, maka saya siap promosikan komunitas tersebut diblog ini..

  22. waduh.. gimana caranya nyatuin mel;o ma koleris?…

  23. Jadi tahu sekarang,nice artikel nich

  24. senang jika kita bisa mengetahui karakter kita secara pribadi

  25. Boleh Juga… ^.~

  26. hy..
    td’a sy hanya iseng2 dgn kata ‘melancholy’ yg arti’a kemurungan hati, tapi lama kelamaan sy mulai mengganti’a menjadi kata ‘melancholies’ pada nick d’fb sy (pd thn 2008)..
    trnyata stelah sy iseng2 mencari kata melancholies(melankolis) d’google, trnyata bnyak arti’a,, ‘n smw sifat yg d’tulis sma seperti sifat2 sy,,
    tp sy mw brtnya. .
    bgaimana mengurangi rasa malu seorang melankolis jika bertemu dengan seorang cewek..
    sebab sampai saat ini saya masih malu untuk bertatapan langsung/berbicara untuk mengatakan cinta (sampai saat ini saya masih mencari first love)..
    padahal saya sudah kelas 3 SMA..
    thanx..

    • Jika Anda seorang melankolis, maka bersykurlah. Sebabnya wanita calon pasangan Anda pasti akan datang sendirinya kepada Anda, percaya dengan saya :)

      Justru jika Anda adalah seorang sanguis, menyesallah, karena memang dari yang terlihat sanguis begitu hebat bisa jalan dengan cewe manapun, tapi tahukah kamu, bahwa sanguis juga lebih sering merasakan yang namanya sakit hati? Dan sanguis sama sekali tidak bisa menentukan pasangan yang terbaik karena terlalu banyaknya pasangan yang ada dalam hidupnya…

      Ibarat saat ini anda sedang makan direstoran, kemudian Anda disuguhkan 10 macam masakan kesukaan Anda, manakah yang akan Anda pilih? Jangan dimakan semua atau perut Anda akan sakit..

  27. jadi ane tipe yang mana ya?
    jadi sulit memilihnya….

  28. Mau tanyaaaa..hehe
    Sy lg deket ma cowo melan-plegma..saya sdri sanguin-melan..
    Nah..kita pdktnya Long distance..tp sampe skrng blm ada kepastian
    Saya kan ga sabaran..dianya lama banget..ragu2,ngerasa blm deket,dll
    Tp dia rela ngelakuin apa ajah demi gw..kan jd bingung..ngung..gmn tuh?
    Sabar ajah?tp sabarnya sanguin ga bs lama2 loh..????
    Bisa cocok ga sih yg bertolak belakang itu?

  29. Saya lg deket sama cowo melan-plegma..saya sdr sanguin-melan..
    Deket dah cukup lama tp ga ada kepastian hubungan..sampe geregetan..?????
    Memang dia bikin saya jd so special..he treat me nicely..tp ga bs ditanya ttg status..pasti lngsung kesel..
    Memang banyak ragu2nya yah..padahal saya dah kasih sign positive..dia juga tau..knapa yah?saya mesti gmn lagi?
    Bisa cocok ga kita yg bertolak belakang ini?

    • Sanguis paling cocok jika berpasangan dengan melankolis, malahan adalah hal yang bagus jika sifat kalian bertentangan…
      Cuman masalahnya adalah “STATUS”, kebanyakan dari cowo adalah seorang “pengecut” yang malu atau takut memperjelas adanya hubungan serius, seperti pernikahan misalnya…
      Kamu adalah betul-betul dicintai jika dia sebagai seorang lelaki “berani” mengakui bahwa kamu adalah pasangan/pacar/istri ke banyak orang. JIKA sampai saat ini kamu tidak memiliki status apapun dengan dia atau hubungan yang serius, lebih baik abaikan saja deh perhatiannya, toh dia cuman maen-maen. Lebih baik kamu tinggalkan ketimbang sakit nantinya…

      Maaf kalau kata-kata saya agak kasar, sebab saya harus berkata jujur karena memang seperti itulah lelaki :)

  30. nanya lg ya..
    hehez..

    kenapa setiap seorang melankolis punya masalah atau sedang bermasalah selalu ber-melancholy dikamar??

  31. nanya lg ya..
    hehez..

    kenapa setiap seorang melankolis punya masalah atau sedang bermasalah selalu ber-melancholy dikamar??

    truz lanjut dgn pertanyaan sy yg wkt itu..
    bgaimana dgn koleris dan plagmantis’a??

  32. nice info :)

  33. aku punya mantan orang malan, sedangkan akunya sanguinis…agak susah juga siiy soalnya karakternya berseberangan. Dia yang amat sensitif banget, uda gitu apa2 terlalu dipikir, beda banget ma aku…Tapi setelah putus, aku baru menyadari , kalo aku butuh orang melan utk bisa mengatur hidupku.. Dan anehnya kenapa yaa setelah putus yang ada sikapnya jadi malah menutup diri dari aku, g mau kontakan lagi, fesbuk, ym, dan semua aksesku ke dia dibatesin, apa memang seperti itu karakter orang melan ya???? Agak susah menerima seh, soalnya ama mantan yang dulu2 walopun kita uda putus, tapi tetep kontakan, ya mungkin mantan yang dulu karakternya plegmatis siy, jadi mungkin beda ma orang melan…Tapi apa memang seperti itu ya karakter orang melan, yang susah banget buat maapin orang lain, n pendendam…hufffth….

  34. aku baca buku tentang personality plus.
    Hanya saja aku masih belum mengerti diriku seutuhnya.
    belum bisa menerima diriku sepenuhnya.
    aku wanita melankolis sempurna, hampir 70 % (persen) atau bahkan 80 persen sifatku melankolis.
    aku tw orang2 spt ku itu peka, hatinya halus. dan tak bisa dikasari.
    dan mudah tersinggung dengan kata2 kasar bahkan membentak, mudah sakit hati. dan berlarut2 memikirkan masalah..
    dan terkadang itu membuat hatiku lelah..

  35. mantap bener banget sob…….
    cuma cara menghilangkan sifat pemalu kita gmana ya carannya…..
    klo nanya pendapat sama yg karakteristik nya sama mungkin tepat…..

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 182 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: