Cara Cepat Mengenali Karakter Personality Orang Lain

Anda ingin mengenali temparemen atau elemen dasar orang lain meskipun baru 30 menit ketemu? Bisa. Meskipun ingat, bahwa kebanyakan kita adalah kombinasi dari temparemen yg ada. Gunakan cara berikut sekedar untuk menemukan clue awal yang perlu Anda konfirmasikan kemudian.

Catatan: post ini didasarkan pada wawasan Personality Plus, di mana di sana ada elemen udara (sanguinis), elemen api (koleris), elemen tanah (melankolis), dan elemen air (plagmatis)

Lihat sorot matanya:

  • Klo sorot matanya sering berbinar dan tampak berkaca-kaca ceria, pupil matanya cenderung besar, maka dia sanguinis udara
  • Klo sorot matanya tajam, dan berani bertatap pandangan lama, maka dia koleris api, sperti gambar di bawah ini.

Perhatikan cara dia berbicara:

  • Klo dia banyak bicara dan tertawa, heboh, serta punya banyak guyonan, suka ngerjain orang, maka dia sanguinis udara
  • Klo dia sering pake perkataan seperti “tergantung” atau apapun yg menunjukkan dia banyak banget yg dipertimbangkan, maka dia melankolis tanah
  • Klo waktu ndengerin Anda bicara dia sering banget pake pose non verbal tangan ke wajah, maka dia melankolis tanah
  • Klo dia sering bilang “minta maaf” atau semacamnya, maka dia melankolis tanah
  • Klo ngomongnya pelan, lebih suka mendengarkan ketika ada di kerumuman, pendengar yg baik, maka dia adl phlegmatis air

Perhatikan sikap tubuhnya

  • Klo waktu dia bicara seluruh wajah dan kebanyakan anggota tubuhnya ikut gerak utk memperkuat pesan, maka dia sanguinis udara
  • Klo pada waktu duduk dia ndak bisa diam, maka dia sanguinis udara
  • Klo pada waktu duduk sikapnya tegak, gayanya defensif dan/atau superior (i.e. tangan bersilang di depan dada, kedua tangan diletakkan di belakang tengkuk), maka dia koleris api
  • Klo pada saat duduk sikap nonverbalnya tampak spt orang yg sedang mengevaluasi (i.e. tangan di dagu, tangan di pipi) maka dia melankolis bumi
  • Klo pada saat duduk pinggangnya lebih dekat atau menyentuh alas duduk, maka dia phlegmatis air

Dari sini aja, Anda sudah bisa ngeliat bahwa yang paling gampang terlihat adl kaum sanguinis udara. Penampilan dan perilakunya memang sedemikian mencolok. Dari sini, berarti klo mau menemukan phlegmatis atau melankolis, maka cari aja mereka yg ndak begitu tampak mencolok.

Lihatnya sikap dia ke orang lain:

  • Klo dia ndak sungkan utk nanya2 dan ngomongin rahasia orang lain, maka dia sanguinis udara
  • Klo dia tiba-tiba aja mbetulin kerah baju Anda yg melenceng, ngambilin ballpoin orang lain yg jatuh meski agak jauh dari posisinya, maka dia koleris api
  • Klo dia secara otomatis cenderung suka nyuruh2 orang, atau gigih banget membuat orang lain menerima pendapatnya, maka dia koleris api
  • Klo dia sepertinya amat ndak keberatan utk beda pendapat hingga sampai berdebat alot dg orang lain, maka dia koleris api
  • Klo dia begitu peka pada bagaimana orang lain memberi tanggapan, maka dia melankolis bumi
  • Klo dia sampe bisa menangis atas cerita orang lain, maka dia melankolis bumi
  • Klo dia nurut, hampir2 ndak bisa nolak, atau malah ndak bisa nolak request orang lain, maka dia phlegmatis air

Lihat caranya berpakaian:

  • Klo pakaiannya relatif (paling) trendi, atau warnanya ngejreng bukan main, atau apapun yg mbikin dia tampak mudah dibedakan dg yg lain, maka dia tu sanguinis udara
  • Klo dia sering minta baju, tas atau apapun yg dia miliki dikomentari ama teman2nya, maka dia tu sanguinis udara
  • Klo model pakaian dan style-nya konservatif (i.e. bukan motif berani, kemeja dimasukkan baju, dst), maka dia melankolis

Perhatikan ketika dia sedang diminta mengambil keputusan

  • Bila mikirnya lama, dan ketika ditanya dia memberikan buanyak sekali pertimbangan, maka dia adl melankolis bumi
  • Bila mikirnya lama, dan tampak banget bahwa dia ternyata ndak sedang berpikir keras dan lebih suka klo dia nurut aja ama keputusan yg sudah ada, maka dia adl phlegmatis air
  • Bila mikirnya cepat, dan itu karena dia tahu manakah alternatif yg paling atau lebih menyenangkan, maka dia adalah sanguinis udara

Klo yg berikut ini adalah melankolis. Dalam temparemen yg ekstrim, tipikal sorot matanya tampak seperti ini.

So, jadi gini. Ketika Anda baru aja dikenalkan:

  • dengan Sanguinis, maka ingat bahwa dia tu senang dipuji, ketika dia bercanda sebaiknya Anda tertawa. Anda boleh2 aja ngeledek dia, tapi berhati-hatilah untuk tidak mengkritik dia.
  • dengan Koleris, maka ingat bhw dia suka banget ktk orang lain memberi pengakuan atau kagum akan segenap pencapaian dia. Biarkan aja dia banyak bicara dan bersikap dominan. Anda tak harus sepakat dg apa2 yg dia omongkan, tapi sebaiknya Anda (terlihat) mendengarkan dg baik apa yg dia sampaikan.
  • dengan Melankolis, maka ingat2lah bhw dia tu ndak suka omongan mbulet atau basa basi berlebihan. Ngati-ngati klo ngguyoni dia. Perasaannya paling peka ketimbang yg lain. Ndak perlu juga mengkritik dia. Para melankolis biasanya sudah amat pintar mengkritisi dirinya.
  • dengan Phlegmatis, Anda ndak punya terlalu banyak larangan. Phlegmatis adl kaum yg paling easy going dan enak diajak ngobrol.

Untuk hadapi setiap temparemen, kita perlu tahu dulu apa yang mereka butuhkan dan hindarkan, untuk kemudian bisa melakukan penyikapan yang bersesuaian. Anda bisa mengacu pada daftar berikut. Dan sebagai catatan, daftar yang berikut ini akan paling terlihat pada anak-anak atau remaja atau mereka yang mencapai ekstrimitas (ingat bahwa kita biasanya kombinasional)

Untuk Sanguinis, yang mereka butuhkan:

  1. Perhatian
  2. Dukungan
  3. Kasih sayang
  4. Penerimaan

Dan yang mereka hindari:

  1. Tugas membosankan
  2. Rutinitas
  3. Kritik
  4. Detail
  5. Sasaran terlalu tinggi

Untuk Koleris, yg mereka butuhkan:

  1. Penghargaan prestasi
  2. Peluang memimpin
  3. Partisipasi memutuskan
  4. Sesuatu utk diatur

Lalu yang mereka hindarkan:

  1. Istirahat
  2. Kebosanan
  3. Permainan yang tak mungkin dimenangkan

Untuk Melankolis, yang mereka harapkan:

  1. Kepekaan keinginan
  2. Kualitas prestasi
  3. Ruang sendiri
  4. Ketenangan stabilitas
  5. Dukungan orang tua
  6. atau singkatnya: Sensitivity – Support – Space – Silence

Yang mereka hindari:

  1. Keributan
  2. Kebisingan
  3. Urusan2 sepele
  4. Diolok-olok

Untuk phlegmatis, yang mereka butuhkan:

  1. Relaksasi dan Santai
  2. Perhatian
  3. Pujian
  4. Motivasi penuh kasih

Yang mereka hindari:

  1. Konflik – Konfrontasi
  2. Inisiatif
  3. Keputusan
  4. Kerja ekstra
  5. Tanggung jawab

Selamat dipraktekkan dan dilatih. Silahkan juga buat temen-temen yang mau berbagi pengalaman pribadi ttg bagaimana cara mengenali keempat temparemen yg ada :-P

[akhmadguntar.com]

About these ads

~ oleh azzaam pada 20 Juli 2009.

37 Tanggapan to “Cara Cepat Mengenali Karakter Personality Orang Lain”

  1. thank’s infonya sangat berguna bagi kami

  2. keren :)

  3. istimewa..

  4. hai bung, apa anda punya esai agar kita bisa lbih ykin cz mnurutQ qt bs slah anggap dngan hnya melihat sja cz sya btuh bner2 prediksi yng tepat hehe…he..
    maaf bung aq terlalu bnyak tnya soo aq slah stu elemen bumi he..hehe..
    blz di emailQ y…

    • Maksudnya esai agar lebih yakin bagaimana?
      Penilaian karakter itu memang dilakukan spontan saat awal kita bertemu seseorang, terlalu lama mengenalnya, maka ciri khas kepribadian seseorang itu pasti akan memudar dimata Anda dan membuat Anda menjadi ragu. Saya merasakan itu…
      Saya bisa mengkategorikan seseorang memiliki sifat sanguiskah, atau koleris, atau plagmatis, namun anehnya saya tidak bisa melakukan hal yang sama terhadap keluarga terdekat saya :)

  5. perfect!!!!!!!!!
    tp apkh itu brlaku jg utk kita
    jk kita mw mngenali dri kita sndri

  6. saya bingung…kalo sy lg sendiri melancolis bgt..bisa-bisa sy nangis,terlalu jauh perenungan sy, hal sekecil apa pun mengenai perasaan sy pikirkan..
    kalo lg sm temen.. sanguinis bgt…bicara..trus tnpa henti..tp yg sy bicarakan hasil perenungan sy…shingga kadang2 yg laen pada bosen..
    kalo lg dengerin org ngomong sy cenderung plegmatis…tanggapan sy tidak lain cuman kata iy, iya, mungkin juga, nganggok2…gak ngerti..
    tp sy gk punya sikap koleris..

    jd sy bingung cenderung kemana?? apa barang kali sy kombinasi ketiganya ya???

    • Dalam personality plus, saat menilai diri sendiri kita memang cenderung terlihat memiliki 4 karakter personality. Memang, itu sering terjadi karena kita sering mengaitkan kepribadian tersebut dengan apa yang pernah kita lakukan. Cara mengatasinya adalah dengan menanyakannya kepada orang-orang terdekat yang memahami personality plus.

      Ada 6 kepribadian campuran yang juga mulai dikenal secara umum, yaitu Melankolis-Sanguis, Sanguis-Koleris, Sanguis-Plagmatis, Melankolis-Koleris, Melankolis-Plagmatis dan yang terakhir Koleris-Plagmatis, selain itu tidak ada. Berhubung Anda sudah bercerita kepada saya, maka saya bisa mengambil kesimpulan bahwa Anda berkepribadian melankolis-sanguis, salah satu kepribadian yang bertolak belakang. Namun lebih dominan ke Melankolis.

      Alasannya:

      1. Dapat dibuktikan dengan tersadarnya Anda bahwa orang lain merasa bosan mendengar cerita Anda saat menjadi cerewet seperti sanguis. Jika Anda berkepribadian murni sanguis, Anda sama sekali cuek dengan keadaan itu atau bahkan tidak tahu bahwa orang disekitar Anda merasa bosan.

      2. Anda cenderung memikirkan sesuatu hal dengan sangat serius, hingga menyebabkan emosi Anda meluap contohnya seperti menangis. Dan sikap selalu menyetujui dengan apa yang orang lain katakan juga salah satu kepribadian melankolis, karena saat orang berbicara Anda tidak ingin menyinggungnya, menghargai dan menghormatinya bahkan tidak menunjukkan sikap bosan dan kesal kepadanya.

      Semoga membantu :)

  7. wow…
    if it’s true,
    it will help me to recognize my self…
    thanks

  8. owh. jd ada jg kepribadian campuran…
    iya c yang sya rasakan , kepribadian say tu Melankolis n sanguinis,, cos saya punya dua kepribadian, klo d depan orang lain saya pasti ceria abis, n selalu cerita ini itu, tp lain sisi saya tu pemikir n perasa, apapun yang saya lakukan pd orang lain, pasti sampai dirumah sya berpikir, td salah gak yach, bkin dya sakit hati gak ya,,, saya perasa n mudah tersinggung.

    oia saya mau tnya gmna c caranya tuk menghilangkan rasa bersalah, kadang saya selalu berpikir td salah gak yach, or perbuatan saya buat dya kecewa or marah gak ya,,, kadang gak bisa tenang n selalu kepikiran yang buat saya gak bisa fokus ke kuliah or apa pun itu,,, tap ternyata kadang2 itu hanay perasaan saya saja,,,,

    thx 4 all.

    • Ya, semua melankolis seperti itu…
      Memiliki perasaan bersalah ketika mengatakan sesuatu hal yang menyinggung orang lain, namun sisi jeleknya.. jika golongan darah Anda B, tanpa sadar Anda akan terus terbuka mengatakan sesuatu hal tanpa basa-basi yang bikin terkejut semua orang, pada akhirnya rasa bersalah itu akan terus ada…
      Tapi jangan khawatir, rasa bersalah itu dapat dihilangkan pelan-pelan dengan kebiasaan berbicara tanpa henti (ngobrol terus-terusan). Tujuannya untuk mengalihkan pikiran Anda dari rasa bersalah. Dicoba deh..
      Kalau masih belum manjur, dicoba alihkan pikiran kamu dengan hobi, misalnya baca komik atau bermain games..

  9. artikel yang sangat bagus

  10. Maf,anda bisa gak mengetahui tergolong apa pasangan saya yang lahir 19 agustus 1989? trimakasih..

    • Ciri-ciri yang disebutkan terlalu sederhana dan kurang lengkap, saya tak bisa mendefinisikan…
      Personality plus adalah ilmu pasti yang telah dikenal luas dalam dunia psikolosi, bukan seperti zodiak ataupun shio yang bisa dikenal hanya lewat tanggal lahir, itupun prediksinya terkadang hanya sebatas ramalan..

  11. ya banar sich artikel nya …tpi aku ngerasa mempunyai sifat2 dari ke-4 tipe itu , karena kurang pekanya aku atau memamg ada orang mempunyai k-4 tipe itu secara seimbang ? …. belom tahu mana yang mendominasi ….

    • Pada dasarnya memang semua orang hampir memiliki semua sifat itu..
      Jika kamu bingung mengenal karakter diri kamu sendiri, coba tanyakan ke teman atau keluarga terdekat, sebab mereka bisa lebih mengenal apa adanya dirimu dibandingkan diri kamu sendiri..

  12. Saya pernah mencoba tes personality plus. Dan hasilnya ternyata ke 4 karakter itu sangat imbang dalam diri saya. Nilainya hampir sama rata semua. Dan setelah saya pikir2 lagi emang banyak kejadian yg saya alami semua berkaitan dengan 4 karakter ini. Mohon penjelasannya. Terima kasih.

    • HASIL tes terkadang tidak bisa dijadikan jaminan untuk mengenal karakter kamu, karena kebanyakan tiap-tiap orang mengira mereka memiliki semua sifat dari keempat elemen karakter tersebut (sanguis, melankolis, koleris dan plagmatis). Mintalah bantuan salah satu teman kamu untuk mengenal kepribadian kamu yang sebenarnya. Sifat yang menonjol dari diri kamu itulah yang nantinya akan menjadi dasar kepribadian karakter kamu :)

  13. Uh yang bagian Melankolis saya sekali :)
    Terutama bagian kebutuhan melankolis. Saya bener-bener butuh itu apalagi bagian yang ‘Mereka Hindari’. Saya punya pengalaman buruk waktu kelas 1 SMP (diolok-olok, bahkan sempat dijauhi satu kelas) karena itu sampai sekarang saya nggak suka sekolah. Kadang ingatan kelas 1 itu sering muncul secara tiba-tiba dan reflek saya menangis.

    Walau saya sudah pindah sekolah (sekarang saya kelas 8) tetap ga merubah persepsi saya tentang sekolah sebagai tempat menyeramkan dan membawa trauma pahit yang (mungkin) nggak akan hilang sampai kapanpun (halah)

    Sori banget kesannya nyampah dan jadi curcol begini.
    Saya suka artikel anda :)
    Keep posting!

  14. thanks atas masukannya……… :)

  15. Bisa ngga ya?yg dikatakan sifat orang yg melankolis itu sebagai penyemangat hidup org lain dan diri sendiri? saya akui saya melankolis..
    Prnah suatu waktu dan seringkali banyak kerabat dan org2 yg bru saja saya kenal mereka merasa yakin akan kenyamanan saya dlm berpendapat dan memberi solusi utk mereka? tak jarang mereka share tntang berbagai masalah yang mereka tak mampu mereka hadapi..dan mereka tak jarang menangis pula dihadapan saya karena mendengar apa yang saya sampaikan..
    Terkadang yang saya sesalkan, saya jadi berfikir sendiri, apa yang jd solusi utk mereka tak mampu saya lakukan utk diri saya sendiri..

  16. Assalamualaikum..
    Saya suka dengan artikel diatas, menarik dan mampu memberi kita lebih lagi info tentang karakteristik seseorang..
    Untuk kesempatan kali ini saya ingin sedikit menanyakan ,saya ingin sedikit diberi tips bagaimana meredakan emosi terutama terhadap pasangan saya yang memiliki karakteristik Sanguin – Plegmatis, terutama bagaimana saya meredakan emosi nya..
    mohon bantuannya, dan terima kasih sebelumnya..
    Assalamualaikum…

  17. saya suka dengan blok anda, mudah2an ni bermanfaat bgi saya, krn saya seorang koleris, maka pnting sekali bagi saya untuk mengetahui setiap sifat dan karakteristik rakyat yang saya pimpin…

  18. syahh mu nanya gimana cara memikat hati cewe golongan sangius

  19. seseorang bagaimanapun harus di hargai atau di hormati,intinya jika kita ingin di hormati atau di hargai oleh orang lain kita harus belajar menghargai diri kita sendiri

  20. mas, mo minta penilaian dong… Kira kira.. Sifat Sya yg gmn?
    Sy orangnya pendiam, tp sangat cerewet klo ngomongin hal2 yg berubungan dng hal yg menjadi hobi atau kesukaan saya.
    Sy orangnya agak males. Tapi rajin klo soal cuci pakaian.
    Sy suka brpakain rapi. Malu klo sdikit saja pakain sy tdk rapi.
    Terlihat membosankan dimata org lain krna sy ini pendiam.
    Sy snang mnyendiri. Soalnya bebas tdk ada yg ganggu atau merasa gak enak klo ama orang laen. Takut ngrepotin atau ngebosenin.
    Sy agak penakut. Tpi kadang sya menjdi seorang pemberani.
    Sy orgnya jarang mendominasi pmbicaraan dan lebih suka mendngar.
    Sy orgnya suka seni visual. Jadi sy lebih suka melihat, menganalisa yg sy lihat drpd brbicara.
    Sy orangnya tipe cuek trhdp sktar. (agak egois).
    Sy kurang pndai bergaul.
    Sy orgna pemalu.

  21. benerr juga tuhh ^^
    makasii yaa atas infonyaa…

  22. Oh ya mas ganti minta tolongnya, tentuin dunk mana dari 4 kharakter diatas yg merupakan sifatku…
    – Aku orange banyak bicara, suka guyon tp ama teman yg dikenal aja
    – Aku suka ngajak bicara orang yg lagi g da teman/ sendirian
    – Aku orange pemalas
    – Aku suka nyuruh2 teman dalam tugas kelompok tp terkadang saya pengen diam aj tp berhub kelompok, saya rasa g interaktif akhire aku yg ngatur
    – Aku terlalu dramatisir masalah yg ada (pa lagi masalah cew)
    – Aku suka larut dalam kesedihan klu ada masalah diri sendiri
    – Aku suka fokus ma pembicaraan orang n akan mendebat nya bila ada kesalahan menurut aku..
    matur nuwun mas… Tuhan yg balas

  23. minta tolong mas, gimana karakter personality orang yg kaya gini:
    – saya orang nya suka ngasih komentar tapi males dikomentari
    – saya suka ngerjain tugas kelompok sama sendiri, tidak ingin dibantu orang lain
    – saya orang nya gampang bergaul/ gampang kenal sama orang lain
    – saya orangnya selalu penasaran, selalu ingin bertanya
    – saya orangnya selalu iseng, ceria. kadang-kadang meledek orang untuk menghibur orang lain
    – saya orangnya kalo duduk nggak bisa diem, soal nya gampang pegel hehe
    – saya orangnya selalu minta solusi, tapi solusi dari orang itu jarang saya ikuti
    – saya orangnya tidak ingin gagal, kalo salah sedikit suka ngambek..
    sebelumnya terimakasih

  24. menurutku aku ni Melankolis-Plagmatis

  25. keren, kreatif . thanx :)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 180 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: